Monday, 14 March 2011

Pengaruh Aktivitas Pengembangan Diri Paskibra terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XII Jurusan IPS SMA Negeri 10 Malang.

Pengaruh Aktivitas Pengembangan Diri Paskibra terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XII Jurusan IPS SMA Negeri 10 Malang.

ABSTRAK
Puspita, Nica Meilinda Dwi. 2010. Pengaruh Aktivitas Pengembangan Diri Paskibra terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XII Jurusan IPS SMA Negeri 10 Malang.Skripsi, Jurusan Sejarah, Program Studi Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing Drs. Dewa Agung G.A., M.Hum.

Kata Kunci: pengembangan diri, prestasi belajar.

Pendidikan merupakan hal penting dalam kemajuan suatu negara dan individu, sudah hampir dipastikan bahwa semakin maju seseorang maka ia akan membutuhkan pendidikan.Di era yang maju seperti sekarang ini dibutuhkan keterampilan yang benar-benar dapat menunjang suatu jenis pekerjaan. Tidak hanya pendidikan akademik saja tetapi pendidikan non-akademik juga diperlukan, sehingga pada saat peserta didik lulus telah memiliki keterampilan atau setidaknya pengetahuan bermasyarakat. Pendidikan non-akademik yang dimaksud adalah melalui kegiatan Pengembangan diri.

Dalam pendidikan umum dijelaskan bahwa pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangn diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler.
Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar yaitu faktor intern adalah faktor dari dalam anak yaitu secara umum dan keseluruhan yang ada pada anak atau bersumber dari dalam diri subjek belajar, sedangkan disini faktor ekstern yaitu keaktifan dalam kegiatan pengembangan diri yang dianggap mempengaruhi prestasi belajar siswa.

Untuk itu penelitian ini merumuskan masalah sebagai berikut.(1) Bagaimana tingkat keaktifan siswa kelas XII jurusan IPS di SMA Negeri 10 Malang dalam mengikuti kegiatan pengembangan diri paskibra?;(2) Bagaimana prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XII jurusan IPS yang mengikuti kegiatan pengembangan diri paskibra di SMA Negeri 10 Malang?;(3) Bagaimana pengaruh aktivitas pengembangan diri paskibra terhadap prestasi belajar mata pelajaran sejarah siswa kelas XII jurusan IPS SMA Negeri 10 Malang?

Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 10 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif korelasional. Populasi dam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII jurusan IPS yang mengikuti kegiatan pengembangan diri paskibra. Sampel penelitian ini diambil melalui purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket dan dokumentasi, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untuk menggambarkan tentang kondisi keaktifan kegiatan pengembangan diri dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah.

No comments:

Post a Comment