Monday, 14 March 2011

Analisis Kualitas LKS Mata Pelajaran IPS Sejarah Kelas VIII Semester II di Kota Malang.

ABSTRAK
WIDYA ARISTA DEWI 2010. Analisis Kualitas LKS Mata Pelajaran IPS Sejarah Kelas VIII Semester II di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mashuri, M.Hum.

Kata Kunci: kualitas LKS IPS sejarah SMP kelas VIII semester II, aspek kelengkapan komponen, aspek fisik LKS, aspek isi/materi, aspek bahasa.

Berdasarkan observasi di lapangan, saat ini sekolah tidak lagi mewajibkan siswanya untuk membeli buku teks. Siswa hanya diwajibkan untuk membeli buku pendamping belajar siswa yang sering disebut LKS sebagai pengganti buku teks. Hal ini dikarenakan harga LKS tersebut lebih murah dibandingkan dengan harga buku teks sehingga tidak memberatkan orang tua siswa untuk membelinya. Kesadaran akan banyaknya permintaan terhadap LKS menyebabkan banyak

penerbit swasta menyusun dan menerbitkan LKS yang akan dipakai sebagai pegangan wajib bagi siswa. LKS yang dipakai disekolah-sekolah tersebut sebagian besar belum dianalisis kualitasnya oleh guru mata pelajaran termasuk guru sejarah. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu penelitian untuk menganalisis kualitas LKS tersebut mengingat begitu pentingnya LKS dalam proses belajar mengajar.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) bagaimanakah kelengkapan komponen dalam LKS IPS Sejarah kelas VIII semester II di kota Malang?, (2) bagaimanakah kualitas fisik LKS IPS Sejarah kelas VIII semester II di kota Malang?, (3) bagaimanakah kualitas aspek isi/materi LKS IPS kelas VIII
semester II di kota Malang?, (4) bagaimanakah kualitas aspek bahasa LKS IPS kelas VIII semester II di kota Malang?.

Rancangan penelitian menggunakan penelitian deskriptif analisis isi. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling dari LKS IPS Sejarah yang digunakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri di kota Malang. LKS IPS Sejarah yang dipilih sebagai sampel adalah “CH”, “CR” dan “ES”. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS IPS Sejarah “CH”, “CR”, dan “ES” adalah cukup baik. Meskipun demikian, kualitas LKS IPS Sejarah “CR” lebih unggul dibandingkan dengan dua LKS IPS Sejarah yang lainnya dengan rincian : 1) Kualitas aspek kelengkapan komponen ketiga LKS
IPS Sejarah tersebut adalah baik yaitu 90,90%, 2) Kualitas aspek fisik LKS IPS Sejarah “CH” adalah kurang baik (54,76%), “CR” adalah cukup baik (66,67%), sedangkan “ES” juga cukup baik (67,85%), 3) Kualitas aspek isi/materi LKS IPS Sejarah “CH” adalah kurang baik (51,28%), LKS IPS Sejarah “CR” adalah cukup baik (69,23%), sedangkan LKS IPS Sejarah “ES” juga cukup baik (61,56%), 4) Kualitas aspek bahasa LKS IPS Sejarah “CH” adalah cukup baik (63,63%), “CR” adalah cukup baik (60,6%), sedangkan “ES” juga cukup baik (60,6%). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahawa dalam penggunaan ketiga LKS IPS Sejarah tersebut harus diengkapi dengan buku-buku penunjang lain yang relevan.

Berdasarkan kesimpulan tersebut maka disarankan kepada guru agar dalam proses belajar mengajar tidak hanya menggunakan LKS IPS Sejarah saja. Diperlukan buku-buku penunjang lainnya, karena pada dasarnya LKS IPS Sejarah sifatnya hanya sebagai buku penunjang atau pelengkap buku teks. Bagi peneliti lain diharapkan melakukan penelitian yang sejenis untuk menambah dan melengkapi penelitian tentang LKS IPS Sejarah.

No comments:

Post a Comment